26 Agustus, 2009

Marhaban Ya Ramadhan

Engga terasa setahun ternyata begitu cepat, sekarang kita sudah berada di bulan suci Ramadhan lagi. Bagi umat muslim di dunia, bulan ini adalah bulan yang paling di tunggu2. Karena di bulan ini, pahala dari setiap ibadah dan kebaikan yang kita lakukan akan di lipat gandakan oleh Allah SWT.

Konon katanya, di bulan suci Ramadhan ini syaitan-syaitan di belenggu. Tp kenapa ada 1 yg lepas ya lagi baca blog ini :) .

Ayo bagi umat muslim, kita harus semangat menghadapi bulan puasa ini. Walopun puasa, aktivitas kita sehari-hari harus tetap kita lakukan. Jangan jadikan puasa sebagai alasan kita buat males-malesan.
Berikut ada tips2 agar kuat menjalankan puasa seharian penuh:
1. Jangan lupa sahur
Sahur sangat penting bagi kita, karena saat berpuasa tubuh kita tidak mendapat asupan gizi selama kurang lebih 14 jam. Kecuali bwat mereka yang berniat untuk diet keras di bulan puasa ini :)
Untuk menu sahur sebaiknya pilih makanan berserat dan berprotein tinggi, tapi hindari terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang manis-manis.

2. Jangan tunda berbuka
Setelah seharian menahan lapar dan dahaga tentunya energi kita terkuras, untuk memulihkan energi kembali, saat berbuka makanlah karbohidrat sederhana yang terdapat dalam makanan manis. Makanan yang mengandung gula mengembalikan secara instant energi kita yang terkuras seharian. Tetapi usahakan menghindari minum es atau yang bersoda, karena jenis minuman ini dapat membuat pencernaan tak berfungsi secara normal.

3. Makanlah secara bertahap
Biasanya, begitu denger bedug maghrib kita langsung sikat semua hidangan yg ada di meja. Itu mah namanya maruk, ingin bales dendam karena seharian ga makan. Ini ga bagus bwat kesehatan, perut kita akan kaget dan sakit karena sebelumnya perut kita tak terisi dan organ cerna beristirahat.

4. Jangan tinggalkan olahraga
Puasa bukan berarti berhenti berolahraga donk. Justru aktifitas fisik tetap di butuhkan. Tapi pilih olahraga yang ringan2 aja, seperti ngangkut karung, nyangkul sawah, dorong mobil :D .

5. Konsumsi cukup air
Perbanyak minum air saat sahur, untuk simpanan dalam tubuh supaya semua organ berfungsi dengan baik. Yang disebut air disini bukan hanya berupa air putih, tapi susu dan teh pun juga termasuk di dalamnya. Supaya kebutuhan tubuh tercukupi, aturlah agar Anda minum delapan gelas air sebelum menjalani puasa esok hari. Di jamin, abis sahur Anda ga bisa tidur, karena bolak-balik kamar mandi ingin kencing :)

6. Kendalikan Emosi
Rasulallah bersabda bahwa puasa itu bukan hanya menahan lapar dan dahaga tetapi juga menahan nafsu. Dengan kata lain tujuan puasa adalah me-manage emosi, belajar bersabar dan berupaya mendekatkan diri kepada Tuhan. Secara psikologis ini mempengaruhi mental-spiritual kita, dengan mengendalian emosi membuat jiwa kita
tumbuh lebih sehat, dan merasakan kedekatan dengan Allah membuat hati kita damai

7. Jangan ngupil
Kita harus tinggalkan kebiasaan dan hobi kita yang satu ini. Emang si ngupil enak. Tp di bulan puasa ini, kata sebagian ulama ngupil ini makruh. Apalagi di takutkan ngupil dapat membuat puasa kamu batal. Ntar abis ngupil langsung kamu jilat lagi :D


0 komentar: