16 September, 2009

Asal muasal THR

Biasanya, beberapa hari menjelang Lebaran orang2 sibuk ngomongin THR. Siapa aja, terutama yg sudah bekerja pada menunggu hal yg satu ini. Mereka berharap moga THRnya cepat keluar apalagi kalo jumlahnya besar.

Misalnya pada taun ini, tmn2 gw di kntr, tmn sesama sekolah dulu, atw tmn maen sekalipun pada membahas topik yg satu ini. Kalo ketemu mereka saling nanya "Gmn THR, dah keluar ya?"

Atw bahkan ga sedikit yg ngupdate status facebooknya dgn:

"Asik, THR dah keluar.."
"Akhirnya gw jadi lebaran juga"
"Abis dpt THR, belanja dulu ah.."

Ya gitulah, THR seperti sebuah penambah tenaga bwat kita. Wajah2 orang yg abis dpt THR tampak sumringah, sepertinya lupa akan beban hidup.

Tapi tau ga, kalo THR tu sebenernya emang hak kita? Dalam artian perusahaan bukan ngasih bonus tambahan, tapi memang ngasih gaji dari kerja keras kita.

Begini, gw ksh contoh gampang:
Misal gaji kita Rp 2 juta perbulan.
Berarti gaji per minggu Rp 500 rb. (Sebulan ada 4 minggu).

Gaji setahun: Rp 2 juta x 12 = Rp 24 juta.
Tetapi setahun ada 52 minggu.
Jadi gaji 52 minggu: Rp 500 rb x 52 = Rp 26 juta.

Trus: Rp 26 juta - Rp 24 juta = Rp 2 juta.

Jadi kalo kita dpt THR sebesar sebulan gaji (Rp 2 juta), jgn seneng dulu. Karena itu emang duit kita, bukan bonus dari kantor...

16 komentar:

ardianz mengatakan...

ohh gitu ya maan, jago juga lo masalah duit

andry sianipar mengatakan...

iya, tau aja kao klo soal duit !!!
amin ke blog ku ya !!!

kol1ng mengatakan...

Apa itu gokart?
kenapa ada gokart?
kenapa maen gokart itu seru?
apakah miyabi maen gokart?

huahahahaha.

ps: yang baju putih itu siapa ya? ganteng :")

kol1ng mengatakan...

sori, komennya salah kamar :"|

Digital Baca mengatakan...

THR... banyak yang ngarepin :D

ina mengatakan...

hihihihihi....

ternyata,... bgtu yah??? :(

gag jadi seneng,... hehehe

ekosulistio mengatakan...

aku udah dapat sob...

Que mengatakan...

Thanks ya yg udah komen, sering2 maen ya :)

pasuruan mengatakan...

oalah..gt ya asalnya... hmmhmm..

محمد فر د و س حبيبي mengatakan...

gitu ya...baru tau.....wah...pintar juga ya perusahaan perusahaan ngakalin ky gtu

محمد فر د و س حبيبي mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
blogserba mengatakan...

Wah, jago juga Sobat atuh ini matematika-nya ... eksak banget nich ..
Nice Info tuh, jd tau dech apa itu THR.

Koko James mengatakan...

wah wah si abang jago jgua nih soal duit menduit dh^^

Anonim mengatakan...

THR oh THR, nasibmu dulu, kini dan sekarang, selalu dinanti. Penantian setahun habisnya sehari.

New Blogger mengatakan...

Wah klo soal itung2an aq paling binggung nich.. Tapi mantab infona..

d3nfx mengatakan...

bener kah begitu, bisa juga sih, makasih infonya bro..